Kamis, 30 November 2017

Menghilangkan Karat Dengan Cepat

Karat merupakan hasil oksidasi dari suatu barang yang berasal dari bahan dasar berupa besi ataupun logam. Salah satu penyebab terjadinya pengaratan karena pelembaban. Alhasil tak jarang kita temui barang-barang keseharian kita berkarat karena jarang terpakai. Hal ini sangat mengganggu karena barang terlihat menjijikkan. Apalagi ketik barang tersebut berupa perabotan rumah tangga. Sudah tentu keberadaan karat membuat kita risih.

Berikut beberapa tips menghilangkan karat dengan mudah:

1. Menggunakan Oli Bekas

Oli bekas menurut kebanyakan orang merupakan limbah sisa yang tak dapat kita manfaatkan lagi. Namun sebenarnya oli bekas juga mempunyai manfaat yaitu dapat kita jadikan sebagi penghilang karat. Adapun caranya cukup mudah. Pertama ambillah atau siapkan oli bekas secukupnya kemudian lumurkankan oli bekas tersebut kepada permukaan dengan menggunakan kuas. Diamkan beberapa saat menunggu oli bekas bereaksi.

Ketika dirasa cukup dan karat terlihat memudar maka gosoklah permukaan menggunakan spoons yang terbuat dari aluminium dengan agak menekan agar mendapatkan hasil yang baik. Ketika dirasa belum cukup maka ulangilah sampai karat benar-benar hilang. Kemudian bersihkan sisa-sisa gosokan tersebut menggunakan kain.

2. Menggunakan Cuka

Cuka merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan karat. Caranya cukup mudah siapkan cuka secukupnya kemudian tuangkan pada bagian karat yang akan kita bersihkan atau rendamlah barang tersebut dengan menggunakan cuka. Kemudian diamkan beberapa menit agar karat memudar.

Setelah dirasa cukup dan karat mulai terlihat memudar maka siapkan spoons berbahan aluminium lalu gosokan spoons tersebut pada bagian yang berkarat. Ulangi beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Setelah itu bilaslah menggunakan air bersih.

3. Menggunakan Amplas

Menghilangkan karat dengan menggunaan amplas merupakan cara yang paling lazim digunakan. Karena fungsi amlpas ialah untuk menghaluskan atau mengikis. Selain itu amplas juga banyak dijumpai di toko-toko materjal sehingga cukup mudah untuk Mendapatkannya.

Cara kerjanya ialah siapkan amplas terlebih dahulu,  lalu gosok-gosokan amplas tersebut pada bagian permukaan yang hendak kita bersihkan dengan cara menekan. Karena dalam tekhnik mengamplas semakin kuat menekan semakin maksimal pula hasilnya. Untuk menghasilkan yang terbaik ulangi berkali-kali hingga permukaan terlihat bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar