Jumat, 29 Desember 2017

Busi Vespa Cepat Menghitam



Apakah anda mengalami masalah pada vespa kesayangan anda? Terutama pada bagian busi yang sering kali cepat menghitam. Hal ini tentunya sangat menyebalkan, dan mengganggu aktivitas anda karena vespa mati alias nggak mau nyala. Seperti yang pernah kami alami ketika kami baru saja memakai vespa dan belum tahu menahu seputar vespa.

Bagi agan-agan yang belum begitu paham cara mengatasinya janganlah panik, mungkin berikut sedikit berbagi dari pengalaman kami yang sederhana tentang cara untuk mengatasi busi cepat hitam agar kita dapat berkendara vespa dengan nyaman tanpa dibayang-bayangi dengan yang namanya mogok.

Perlu sobat ketahui bahwa busi juga mempunyai masa pakai dan tak selamanya hidup. Rata-rata usia busi biasanya bisa bertahan hingga 2 tahun tergantung pemakaian dan perawatan.
Ketika vespa anda mogok coba cek lah terlebih dahulu busi apakah hitam atau tidak. Jika hitam hal ini dapat mengakibatkan vespa sering rewel dan mogok karena pembakaran tidak sempurna. Adapun langkah yang harus dilakukan ialah:

·         membersihkan busi kembali agar api yang dihasilkan dari magnit dapat terbakar dengan baik.
·         Cek karburator kendaraan anda, karena ketika busi hitam dan basah penyebab utamanya ialah karburator banjir. Jika hal ini benar terjadi maka segeralah seting ulang karburator. Cek pada bagian pilotjet dan mainjetnya. Cek spuyer anda, jika ukuran tersebut terlalu besar maka dapat diganti dengan ukuran yg lebih kecil 1 step. Namun jika busi tetap hitam satu step dengan tujuan untuk mengurangi pasokan bensin yang dihasilkan. Cek terus hingga busi berwarna merah bata karena ini adalah kondisi busi yang baik.
Cara untuk melihat perubahan busi, hidupkan vespa hingga beberapa menit sekiranya dapat melihat perubahan tersebtu. Jika kurang puas bawalah keluar sambil jalan-jalan.
·         Selanjutnya cek setelan angin pada karburator, karna hal ini juga sangat berpengaruh terhadap hitamnya busi.
Caranya ialah putar setelan anginnya sampai menutup kemudian buka perlahan kira-kira 2,5 putaran hingga menghasilkan suara tertinggi.
·          Jika vespa anda sistim pengapiannya masih menggunakan platina maka jarak kondisi platina harus di cek pula apakah dalam keadaan renggang atau terlalu rapat. Setingan standar platina setahu kami ialah sekitar 3mm dan selebihnya dikira-kira saja hihi..
·         Terakhir, nyalakan vespa lihat perubahan yang terjadi apakah ada perbedaan? Semoga saja cara ini menuaikan hasil.


Selamat membaca dan mencoba, semoga bermanfaat….!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar