Kamis, 04 Januari 2018

Cara Merawat Busi Pada Vespa


Busi merupakan bagian dari vespa yang sangat vital, tanpa busi vespa tidak akan berjalan. oleh karena itu bagi para sahabat vespa jangan sekali-sekali mengabaikan kondisi busi agar vespa kalian terhindar dari mogok. Untuk pemakian busi sebaiknya kita memilih kualitas yang baik. Selanjutnya cek secara berkala kondisi busi anda, hindarkan busi anda dari kondisi berkerak sebab kerak pada busi dapat mengakibatkan pembakaran tidak sempurna.

Beberapa cara untuk memelihara busi vespa ialah dengan melihat kualitas bensin/bahan bakar anda. Sebab bahan bakar yang baik dapat mengurangi kerak pada busi. Pilihlah bensin yang memiliki oktan yang tinggi seperti pertamax. Selanjutnya pilihlah oli dengan kualitas yang bagus sebab oli yang jelek juga menimbulkan kerak pada busi. Berhati-hatilah dalam memilih oli samping, sebab saat ini banyak sekali beredar oli samping palsu. Kemudian menjaga karburator dalam keadaan yang baik agar bensin dapat mengalir dengan baik. Hindari pasokan bensin berlebihan ataupun terlalu irit.

Bersihkan busi secara rutin seminggu sekali ataupun 5 hari sekali. Caranya sangat gampang, lepaskan busi pada dari silinder cop dan bersihkan dengan menggunakan hamplas ataupun sikat baja. Namun hamplas dan sikat baja tersebut hanya mampu menjangkau busi bagian luar saja. Lantas untuk membersihkan bagaian dalam dapat digunakan dengan memakai kawat.

Ambillah sehelai kawat baja yang tersisa dari kawat kopling anda yang tak terpakai lagi. Basahi busi menggunakan bensin kemudian bersihkan bagian dalam karburator menggunakan kawat baja tersebut. Korek pada bagian dalam hingga kerak yang yang menempel busi menghilang. Selanjutnya rendam menggunakan bensin dengan tujuan untuk melarutkan ataupun mengeluarkan kotoran-kotoran yang telah dibersihkan.

Selanjutnya masukkan kembali busi pada silinder kop vespa anda untuk dinyalakan kembali. Dan ingatlah jangan sekali-kali mencuci busi ketika dalam keadaan masih panas sebab hal ini dapat mengurangi umur busi anda. Lakukanlah cara di atas dengan sangat sabar dan berulang-ulang.

Kedua selain dengan cara diatas, membersihkan busi berkerak dapat pula menggunakan carbu cleaner dengan cara disemprotkan dan hindari pula penyemprotan ketika busi dalam keadaan panas. Sebab carbu cleaner sendiri biasanya menyebabkan busi menjadi terlalu dingin.

Jadi agar busi anda awat dan vespa tetap jalan maka bersihkan lah busi secara rutin 5-6 hari sekali, dan ingat jangan sampai menunggu vespa anda mogok baru membersihkan busi. Dengan cara demikian dapat mengurangi resiko kematian busi anda semua dan membuat busi berumur lebih panjang lagi.

Sekian, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar