Kamis, 23 November 2017

Kiat-Kiat Menuju Kesuksesan

         Setiap orang siapa yang tidak menginginkan kesuksesan? Barang tentu pasti memiliki keinginan untuk sukses. Karna tiap manusia pasti memiliki tujuan yang mana tujuan itu ingin cepat tercapai. Dan atas ketercapaian keinginan itulah yang dinamakan sukses.
     Mencapai kesuksesan bukanlah hal mudah, sebab harus dibarengi dengan beberapa sikap. Mungkin bagi mereka yang mengagap dirinya tidak sukses itu berasal dari diri sendiri. Sebab mereka tidak mengetahui apa yang harus dilakukannya. Sehigga mereka merasa gagal dalam capaian-capain keinginannya.

Ada beberapa hal yang mungkin dapat diperhatikan untuk tercapainya suatu kesuksesan:

  1. Do’a
        Berdo’a merupakan modal utama bagi setiap manusia. Karena tiap manusia dalam segala urusannya itu bukan ditentukan oleh dirinya sendiri melainkan oleh sang Maha Kuasa. Kita ada adalah karenaNya, dan segala urusan kita ada pada kehendakNya. Sebab dalam ajaran islam kita juga dituntut untuk berdo’a. Mohonlah apa yang kita inginkan cepat terkabul, karna sesungguhnya setiap do’a itu pasti terkabul hanya soal waktu tentang kapan itu terjadi.

  1. Usaha
      Dalam meraih kesuksesan do’a saja tidak cukup, perlu  adanya dibarengi dengan usaha. Karna setiap keinginan tanpa usaha itu mustahil. Sebagai contoh semisal kita lapar dan kita menghendaki makan, tidak mungkin semerta-merta makanan akan datang dan masuk kedalam mulut dengan  sendirinya dan perlu adanya usaha yaitu bantuan berupa tangan. Selain itu dalam hadis juga telah disebutkan yang artinya” Barang siapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan kesungguhannya itu”.

  1. Tawakal
     Tawakal juga hal yang harus diperhatikan, sebab do’a  dan usaha saja belumlah cukup. Setelah kita memohon pada Sang Pencipta dan berusaha semampu kita ini belum final. Setelah itu pasrahkanlah semua kepadaNya karna kita telah berusaha dan berdo’a. Janganlah putus asa, yakinlah bahwa Allah pasti akan memberikan apa yang terbaik bagi kita.

  1. Sedekah
    Hal ini perlu diperhatikan, sebab dalam kehidupan sehari-hari kita sering melupakan masalah sedekah. Sebenarnya untuk apa sih sedekah itu? Sedekah adalah suatu hal perkata perbuatan ataupun barang yang kita keluarkan untuk orang lain yang membutuhkannya. Maka dari itu mulailah dari sekarang kita tingkatkan rasa dermawan kita, bantulah sekeliling kita orang-orang yang membutuhkan. Karna kita yakin bahwa hal yang kita keluarkan untuk orang lain tidaklah percuma. Pada dasarnya itulah tabungan kita kelak di hari selanjutnya. Kemudian tanamkanlah pada diri kita bahwa berbuat baik itu baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar